PONPES DARUTTAQWA SUCI GRESIK

Responsive Ads Here

KITAB - KITAB YANG DIJUAL DI TOKO AN-NABHAN SUCI GRESIK

Share:
KITAB - KITAB YANG DIJUAL DI TOKO AN-NABHAN SUCI GRESIK
PONDOK PESANTREN DARUTTAQWA









Manfaat Mempelajari Dan Memahami Kitab Kuning
Manfaat mempelajari dan memahami kitab kuning sangat banyak. Dengan memahami kitab kuning (para generasi sekarang ini menyebutnya dengan kitab klasik), sedikit banyak akan tahu apa yang tersurat dan apa yang tersurat dalam Alquran dan Alhadis. Karena kitab kuning merupakan kitab yang dikarang oleh para ulama dari hasil ijtihad mereka untuk mencari suatu hukum yang tidak dijelaskan dalam dua pedoman kita, yaitu Alquran dan Alhadis.

Sebenarnya, kitab-kitab klasik tersebut tidak hanya menjelaskan tentang hukum-hukum, melainkan juga membicarakan sejarah tentang kehidupan nabi, perang, para ulama, dan lain sebagainya. Ketika kita bicara sejarah, fikiran kita mundur dan menatap ke masa lampau, kita akan mencontoh prilaku-prilaku orang-orang terdahulu yang berhasil dalam usahanya. Jadi, manfaat kita belajar kitab kuning adalah mengetahui hukum-hukum islam secara mendalam dan juga mengetahui sejarah orang-orang dahulu.







Kitab kuning merupakan karangan para ulama yang ilmunya sudah mempuni dan kealimannya sudah tidak diragukan lagi. Kitab ini banyak membahas tentang hukum-hukum Allah yang tidak dijelaskan di dalam Alquran dan Alhadis. Kitab ini biasanya di ajarkan oleh para ulama di pesantrennya, penyampaiannya biasanya dengan cara ceramah.

Alat penunjang nntuk memahami kitab itu adalah nahwu, saraf dan kitab-kitab penunjang lainnya. Manfaat mempelajari kitab kuning ini, para pelajar akan tahu apa yang tersurat dan apa yang tersurat dalam Alquran dan Alhadis. Karena kitab kuning merupakan kitab yang dikarang oleh para ulama dari hasil ijtihad mereka untuk mencari suatu hukum yang tidak dijelaskan dalam dua pedoman kita, yaitu Alquran dan Alhadis.










No comments