PONPES DARUTTAQWA SUCI GRESIK

Responsive Ads Here

MENYEDIAKAN SEGALA KITAB KUNING / KITAB KLASIK ALA PESANTREN DARUTTAQWA SUCI GRESIK

Share:

MENYEDIAKAN SEGALA KITAB KUNING / KITAB KLASIK ALA PESANTREN DARUTTAQWA SUCI GRESIK
TOKO AN-NABHAN






1.      Mengapa disebut sebagai Kitab kuning ?
Kertas yang digunakan untuk menulis memiliki warna kuning, sehingga dinamakan  Kitab Kuning ( Kitab Gundul ) . Namun, tidak semua buku yang kertasnya berwarna kuning disebut sebagai kitab kuning ya.....

2.      Mengapa kitab kuning juga disebut sebagai kitab gundul ?
Karena tidak memiliki harakat ( tanda baca ) seperti kitab pada lazimnya. Tidak ada ketentuan khusus atau batasan untuk kita belajar kitab kuning, hanya memang untuk memahami arti harfiah kalimat per kalimat ( kata dalam bahasa Arab), dibutuhkan waktu yang lama untuk kita bisa memahami secara menyeluruh.

3.      Apa manfaat kegunaan kita belajar  Kitab Kuning( Kitab Gundul ) ?
Kita bisa belajar cara shalat, dan bersuci yang baik, bagaimana kita seharusnya bersikap kepada sahabat-sahabat, kepada tetangga ataupun sanak saudara kita.
ÿ Kita bisa membaca Al Quran atau kitab lainnya walaupun tanpa harakat.
ÿ Kita bisa mempelajari agama Islam lebih dalam sebab kitab kuning membahas mengenai hadis nabi yang mesti kita pelajari.
ÿ Dari belajar Kitab Kuning, kita jadi mengerti mengenai hadis mengenai suatu hukum yang masih membingungkan. Dari sini , kita dapat memperbaiki ibadah untuk melakukan Uswatun Hasanah kita yaitu Nabi Muhammad SAW.

4.      Apakah belajar Kitab Kuning itu susah ?
Belajar Kitab Kuning itu susah-susah gampang, karena sebelumya, kita mesti belajar Nahwu dan Shorof. Dalam bahasa Arab, salah baca satu harakat ( tanda baca ) saja, dapat mengubah satu arti.

No comments